Janjiku Untuk Negri

Leave a comment

October 25, 2012 by weningpradana

   “Sebuah essay sederhana yang membuat Mimpi menjadi Nyata”

   Ketika aku membuka mata pertama kali, belum terbayangkan olehku berada dimana? dengan siapa? apalagi membayangkan terlahir di Negara mana?. Bertambahnya waktu mengiringiku beranjak dewasa, dan pertanyaan kecilku pun mulai terjawab, dikala itu aku berada didesa Kaliwiro bersama keluarga besarku, itu pertanyaan yang mudah terjawab saat aku dewasa, tetapi mengenai terlahir di Negara mana? aku hanya bisa menjawab INDONESIA, tanpa mengetahui kehidupan sebenarnya di Negaraku ini.

Dengan umurku yang menginjak 18 tahun, aku mulai sadar bahwa tidak sedikit masalah yang terjadi di Indonesia, mulai dari masalah Pemerintahan sendiri hingga Hak Asasi Manusia yang mulai terabaikan. Semua itu tidak lepas dari adanya kemunduran rasa kemanusiaan masyarakat di zaman globalisasi ini. Semua yang terjadi di kehidupan kita sudah terpengaruh budaya barat yang bisa menjadi senjata untuk menghancurkan moral kita. Karena norma yang terkandung pada budaya barat sangat bertolak belakang dengan norma yang kita anut, tetapi mengapa remaja sekarang sangat menikmati kehidupan barat? Itu karena pergeseran zaman yang memutar pikiran mereka agar yang salah menjadi benar dan yang benar menjadi salah.

Memang tidak semua remaja ikut berpartisipasi dalam penghancuran moral bangsa, mereka yang masih memperjuangkan nilai moral dan mereka yang berpikiran kritislah yang bisa menjadi modal bangsa untuk meredam kehancuran moral bangsa. Dari diri mereka sendiri menjalankan rutinitas dengan norma hingga kebiasaan itu terlihat dan diterapkan oleh remaja lain, merupakan salah satu cara jitu untuk menyemarakkan perubahan bangsa menjadi lebih baik. Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan , tapi dengan prinsip kuat , usaha nyata dan iringan doa pastilah akan terjadi perubahan.

Aku sering mendengar para calon pemimpin menyuarakan janji melalui kata–kata manis mereka, ‘Menjadikan Indonesia Bebas Korupsi‘ , ‘Membangun Indonesia Sejahtera’ itulah cara mereka untuk menarik dukungan masyarakat. Akan tetapi janji mereka hanya manis diawal saja, setelah duduk dikursi pemerintahan, hanya kepuasan sendirilah yang mereka utamakan.

Sebagai warga Negara, aku mempunyai keinginan untuk menjadikan tanah kelahiranku ini sejahtera. Memang belum banyak kemampuan yang aku miliki untuk mewujudkan keinginan tersebut, mulai dari hal terkecil yang aku mampu yaitu rasa saling menghormati. Itulah satu pelajaran pemberian orang tuaku saat aku kecil, dan sampai sekarang masih aku terapkan dirutinitasku bermasyarakat. Setiap kegiatan yang aku lakukan tidak lepas dari pertanyaan ‘Akankah perbuatan ini pantas kulakukan? Apakah akan menyinggung orang lain?’ itulah hal kecil terpenting yang aku terapkan, walaupun pertanyaan yang sepele , tetapi itulah pertanyaan dasar untuk tetap menjaga mata hatiku terbuka akan rasa saling menghormati sesama.

Dari diriku sendiri, keluarga, sahabat, seluruh warga sekolah, hingga seluruh warga  Indonesia menerapkan hal yang sama denganku. Niscaya akan memberikan warna baru bagi Indonesia  yang damai, saling menghormati, dan menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.

Perkataan adalah janji, janji adalah hutang dan hutang balasannya pahala bila ditepati atau dosa bila diingkari. Belumlah pantas aku  berkata ‘Akan menjadikan Indonesia damai, sejahtera dan menjadi lebih baik’ bukan karena aku takut untuk berjuang, tetapi aku akan memulai dengan bertekad dan berkata ‘ InsyaAllah akan menyalurkan energi positif dan rasa saling menghormati kepada samua lapisan masyarakat dimulai dari lingkungan terdekatku untuk menjadikan INDONESIA DAMAI, SEJAHTERA, DAN MENJADI LEBIH BAIK ‘ .

Leave a Reply

whoooaa – calendar

October 2012
M T W T F S S
    Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
