Harapan Menjadi Penerang Lingkungan

Leave a comment

October 13, 2012 by weningpradana

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Wening Eggy Surya Pradana adalah nama yang keluarga saya berikan. Wening sama artinya dengan Bening, Eggy adalah singkatan Selasa Legi, Surya diharapkan menjadi seperti Matahari, dan Pradana yaitu anak pertama. Jadi nama saya bisa disimpulkan menjadi anak pertama yang lahir pada hari selasa legi (tanggalan jawa) yang diharapkan hatinya selalu bening dan menjadi penerang pada lingkungannya. Amin

Itulah harapan seluruh keluarga saya yang dituangkan kedalam nama supaya saya selalu ingat akan tanggung jawab yang telah mereka berikan ketika saya lahir. Bagaimana cara saya untuk mewujudkan harapan mereka? Bukan dengan saya harus membangga – banggakan nama saya, tetapi saya harus berpikir kedepan untuk bisa menjadi orang yang berguna di lingkungan yang saya diami.

Sekarang saya tinggal di Jakarta Selatan, tepatnya di Mampang Prapatan 4 JakSel. Tempat yang dekat sekali dengan hiruk pikuk Ibukota. Macet, panas, kebutuhan serba mahal itulah yang saya alami sekarang, beda sekali dengan kehidupan di desa kelahiran saya Wonosobo. Sebelum saya merantau di Ibukota untuk melanjutkan pendidikan, saya sudah sempat merantau di Kota Purwokerto selama 3 tahun untuk melanjutkan Sekolah Menengah tepatnya di SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Bisa dibilang saya sudah mandiri, tetapi kemandirian itu belum bisa memenuhi harapan keluarga saya. Saya belum bisa berguna bagi lingkungan sekitar secara kompleks, hanya kegiatan sekolah yang saja gandrungi.

Saya punya prinsip ‘semakin bertambah umur, maka saya harus semakin jauh merantau dan harus semakin berguna bagi lingkungan !’. oleh karena itu setelah saya tahu adanya wadah untuk saling berbagi yaitu ‘volunteer PELANGI’ maka saya merasa pintu untuk menjadikan seorang anak dari desa Wonosobo berguna pada lingkungan telah terbuka. Tujuan utama saya ingin bergabung yaitu ingin bertukar ilmu dan pengalaman dengan sesama volunteer serta dengan masyarakat sekitar yang mungkin kurang beruntung.

Saya percaya akan pesan guru saya ‘jika kita dengan ikhlas mau membagi ilmu walau hanya sedikit, niscaya ilmu kita akan bertambah’. Jadi mulai saat itu saya tidak segan – segan untuk berbagi ilmu. ‘Berguna bagi orang diri sendiri itu bagus, tetai Bergun bagi Lingkungan itu Luar Biasa’.

Semoga harapan keluarga saya agar saya bisa berguna bagi lingkungan sekitar dapat terwujud, dan dengan sedikit ilmu yang saya miliki bisa membuat perubahan positif bagi lingkungan sekitar. Amin

(essay Pelangi Volunteer 2012)

Leave a Reply

whoooaa – calendar

October 2012
M T W T F S S
    Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
